Tips Agar Sistem Wick Tidak Ada Jentik Nyamuk - Hidroponik Ceria

Tips Agar Sistem Wick Tidak Ada Jentik Nyamuk

Hidroponik bagi pemula seperti saya kadang semua dibayangkan serba sulit. Salah satunya adalah bagaimana cara memulai hidroponik ?. Ternyata setelah browsing tentang cara memulai hidroponik dan masuk ke grup hidroponik di media sosial facebook akhirnya bisa memulai juga dengan hidroponik kit yang dibeli online.
Hidroponik kit.
Hidroponik kit. Foto : Bukalapak.

Hidroponik kit yang saya beli itu paketnya berisi diantaranya : baki untuk nutrisi plus pot hidroponik, nutrisi ab mix, rock wool, benih dan tusuk gigi. Hidroponik kit ini memakai sistem yang paling sederhana, yaitu wick system. Sistem wick ini prinsipnya adalah baki diisi nutrisi dan pot disimpan di atasnya menggunakan penutup dan dilengkapi dengan sumbu agar nutrisi bisa naik ke media tanam di pot.

Kelebihan sistem wick ini adalah sangat praktis dan mudah bagi pemula. Sedangkan kelemahan sistem wick ini adalah genangan air di baki beresiko ada jentik nyamuk dan harus diaduk setiap 2-3 hari sekali.

Berdasarkan pengalaman dan hasil diskusi dengan rekan-rekan penyuluh di lapangan, ternyata baki nutrisi dapat diisi oleh anak ikan lele. Tujuan diisi ikan lele adalah agar jentik nyamuk dapat dimakan oleh ikan lele dan gerakan ikan lele dapat membantu mengaduk nutrisi di baki.

Demikian pengalaman saya memulai hidroponik. Semoga tips agar wick system tidak ada jentik nyamuk ini dapat bermanfaat.
Tips Agar Sistem Wick Tidak Ada Jentik Nyamuk Tips Agar Sistem Wick Tidak Ada Jentik Nyamuk Reviewed by Ghost Ships on 3:51 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.