Hidroponik Bayam Butuh Banyak Oksigen - Hidroponik Ceria

Hidroponik Bayam Butuh Banyak Oksigen

Setelah beberapa waktu lalu posting tentang hidroponik bayam yang tidak tahan cuaca panas, selanjutnya saya browsing dan baca-baca buku tentang pertumbuhan sayuran. Secara umum, bayam menjadi layu karena kekurangan cairan di batang tanamannya
Hidroponik bayam.
Hidroponik bayam.

Nah, yang menjadi pertanyaan kenapa tanaman bayam kekurangan cairan ? Padahal kan akar sebagian besar menyentuh kain sumbu flanel dari nutrisi. Logika saya adalah mungkin akar kehilangan kemampuan untuk menyerap air berikut nutrisi tanaman yang ada di bawah.

Setelah browsing dan baca sedikit buku, yang kemungkinan terjadi adalah karena akar kekurangan oksigen. Oksigen di dalam air nutrisi dibutuhkan agar mempercepat metabolisme dan merangsang pertumbuhan akar.

Ketika terjadi kekurangan oksigen makan pertumbuhan akar lambat dan metabolise lambat. Ketika metabolisme lambat maka kecepatan menyerap air dan nutrisi menjadi lambat. Akibatnya adalah ketika tanaman bayam terkena panas berlebihan maka akan sangat mudah kekurangan cairan karena kemampuan akar untuk menyerap air rendah.

Nah, untuk mengatasi layunya bayam yang terpapar panas berlebihan nampaknya diperlukan aerator yang dimasukan ke dalam cairan nutrisi AB Mix.

Dibutuhkan aerator karena hidroponik bayam membutuhkan banyak oksigen untuk pertumbuhan akar dan mempercepat metabolisme.
Hidroponik Bayam Butuh Banyak Oksigen Hidroponik Bayam Butuh Banyak Oksigen Reviewed by Ghost Ships on 5:35 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.